Sleep – Genes – Leptin

Menurut David Perlmutter dalam bukunya yang berjudul “Grain Brain”, cukupwaktu tidur – yang artinya kita tudur paling sedikit 7 jam semalam, juga akan mempengaruhi gen kita. Padas penelitian di tahun 2013, sebuah group penelitimenemukan bahwa seminggu kurang tidur bisa mengubah fungsi dari 711 gen kita, termasuk mereka yanng stress, radang , imunitas dan metabolisme.

Sebagi contoh, leptin, hormon yang penting dalam mengatur response tubuh kita terhadap radang, sangat dipengaruhi oleh pola tidur kita. Leptin, yang juga berfungsi dalam mengatur keseimbangan energy kita dengan mengontrol rasa lapar, juga berpengaruh dalam menentukan apakah kit abutuh carbo atau tidak. Dengan kata lain, leptin adalah alat survival kita yang paling primitive dan sangat penting.

Dalam study yang diterbitkan pada tahun 2004, menemukan bahwa orang yang mengalami penurunan kadar leptin sampai 20% akan mengalami pengalaman meningkatnya rasa lapar sebesar 24%, dimana mereka mulai haus akan makanan-makanan yang bersifat calorie-dense, high-carbohydrate.

Dana, apa penyebab kadar leptin kita turun? Kurang tidur! Jika kita kurang tidur, maka kita akan lebih haus akan makanan-makanan tidak sehat dan akan semakin susah untuk menahan tidak makan makanan-makanan tersebut.

#Diambil dari buku Grain Brain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s