7-Eleven Japan (SEJ)

CEO 7-Eleven Jepang, Toshifumi Suzuki, sudah lama percaya bahwa salah satu masalah utama dalam bisnis retail adalah kehilangan sales akibat item yang out-of-stock.
Selanjutnya, sejak dia membuka gerai pertama pada tahun 1974, Suzuki secara konsisten meningkatkan inventory dari gerai-gerai miliknya dan juga kemampuan product management mereka.
Sejak dini, Suzuki men-defenisikan penduplikasian operating model, yang sejalan dengan waktu berupa teknologi kelas dunia dan proses distribution management ke dalam semua gerai SEJ yang berjumlah 12,034. Sebagai hasilnya, setiap gerai meng-optimize inventory-nya untuk memenuhi permintaan dari para pelanggan-nya.
Bagaimana mereka mencapai hal tersebut?
Kesuksesan SEJ dimulai dari pegawai gerai yang cakap dan terlatih dalam memgambil keuntungan dari kemampuan platform digital SEJ.
Untuk pertama kalinya SEJ memperkenalkan point of sale sustem (POS) di awal tahun 1980an.
Data yang POS hadilkan telah menolong SEJ menganalisa habit pembelian pelanggan mereka untuk memperbaiki proses product ordering.
Data POS menjadi semakin berharga sejak awal tahun 1990an, ketika SEJ meng-install jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi dan diikuti dengan koneksi satelit.
High speed telecommunication system membuat sales report tersedia secara instant terhadap SEJ supply chain yang kemudian membuat SEJ merobohkan lead time antara sale dan replenishment.
Sejak itu, SEJ telah membuat sebuah “total information system” yang menyambungkan gerai, HQ, dan lokasi supplier.
Di masing-masing gerai, para pegawai mempunyai akses ke sales terkini, kondisi cuaca, dan product range information, dimana semua itu dipaparkan secara grografis untuk mendukung keputusan dalam ordering.
Sebagai hadilnya, 70% product baru diperkenalkan tiap tahun di masing-masing gerai.
Dari sisi pelanggan, penggunaan platform yang sangat efektif yang dimiliki SEJ, sehingga ketika cuaca hari yang panas akan banyak kotak bento di gerai 7-Eleven Jepang, dan ketika pada cusca hari yang dingin, akan banyak mie hangat diperjualkan.
Sebagai hasilnya, benefit tercipta dari kedua customer lotalty dan sales yang lebih tinggi.
Selama bertahun-tahun, SEJ secara konsisten mengalahkan para competitornya dalam rata-rata penjualan harian dan margin keuntungan.
<>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s