Blinks – Change your mind and your life

Menurut Martin Seligman dalam bukunya yang berjudul “Learned Optimism”, optimisme lebih sehat daripada pesimisme, baik secara mental maupun secara fisik, buat orang yang optimis akan lebih senang, dan merupakan orang-orang yang lebih sukses.
Walaupun kedua optimisme dan pesimisme dalah response yang kita pelajari dalam menghadapi situasi negatif yang challenging, yang juga berrati, dalam berbagai cara atau methoda, adalah mungkin untuk bisa lebih bersifat optimis.

Anjuran yang bisa dilakukan:

Dalam situasi yang tidak baik/nyaman, cobalah befikir secara ABC.

Jika kita menghadapai situasi yang pelik dalam hidup kita, bisa dipraktekkan teknik ABC untuk menolak pikiran negatif (self talk). Contohnya, apabila pasangan kita sangat ketus dalam telepon, daripada kita berfikir “mungkin dia tidak mencintai saku lagi…”, atau “aku selalu mengganggu dia…”, kita bisa menggunakan teknik ABC untuk mematahkan pikiran negatif tersebut (self talk). Hal ini bisa membuat kit alebih senang dalam jangka panjang dan mencegah kita untuk tidak mengertak balik kepada pasangan kita, yang mungkin hanya dalam situasi terburu-buru makanya ngomongnya sedikit ketus.

Gunakan ABC daripada berfikir bahwa situasi pasangan kita tersebut bersifat permanen.

Berikutnya jika kita merusak diet kita karena makan sepotong kue, jangan katakan kepada diri kita: “Aku tidak akan pernah stick kepada diet-ku dan aku akan tetap chubby” dan berikutnya menlanjutkan dengan tetap menghabiskan seluruh bagian kue tersebut.
Sebaliknya coba kit agunakan teknik ABC dengan merubah cara berfikir kita sepert: “OK, hanya sepotong kue yang sangat enak. Besok, aku akan kembali ke diet-ku lagi, dan aku sudah melihat perubahan yang cukup signifikan dalam nerat tubuhku.”

#Diambil dari Blinkist.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s