Blinks – Right-Brainers

Menurut Daniel H. Pink dalam bukunya yang berjudul “A whole new mind”, sejak dulu selalu dianggap bahwa kemampuan otak-kanan adalah bakat yang tidak berguna. Tetapi sejak kita memasuki era dari Information Age ke Conceptual Age, kemampuan otak-kanan ini ternyata mulai sangat berguna. Menjadi inovatif, creatif dan empathetic adalah kunci yang bisa menolong untuk sukses secara profesional, dan juga meningkatkan kemampuan personal kita. Walaupun jug abahwa kemampuan otak-kiri tetap penting, tetapi menjadi tidak cukup untuk jaman Conceptual Age ini.

Bagaimana perbedaaan kedua sisi otak ini, dan kenapa appresiasi terhadap otak-kanan meningkat?
1. Otak kita memiliki dua bagian: bagaian kiri untuk hal-hal details dan bagian kanan untuk hal yan lebih holistic, pemikirbig-picture.
2. Menurut sejarah, pentingnya bagian kanan otak ini dan bagaiman caranya berpikir adalh dianggap rendah.
3. Mengikut perkembanga jaman dari Information Age ke Conceptual Age, pemikir dengan kemampuan otak-kanan menjadi lebih penting.

Dalam jaman Conceptual Age, enam bakat kemampuan otak-kanan yang menjadi penting sebagai berikut:
1. Design: pada jaman sekarang ini dimana materi sangat berlimpah, design makin crucial untuk kebutuhan bisnis modern
2. Story: untuk menjadi sukes sekarang, mempresentasikan fakta saja tidak lagi cukup tetapi yang lebih penting adalah bagaimana cara menceritakannya dengan jelas.
3. Symphony: Menggabungkan bagain-bagian menjadi satu menjadi lebih penting daripada memilha-milah bagian-bagian tersebut
4. Empathy: sejak komputer mangambil alih semakin banyak bagian pekerjaan kita, kemampuan unik yang dimiliki manusia yaitu rasa empati menjadi semakin penting
5. Play: rasa senang/ceria (lighheratedness) menjadi semakin penting dalam role kita baik dalam pekerjaan maupun diluar pekerjaan
6. Meaning: Ketika kebutuhan material kit atelah terpenuhi sekarang ini, kit amencari arti/meaning, tujuan dan kepenuhan/fulfillment dalam hidup kita.

#Diambil dari Blinkist

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s