Brasiliata

Brasiliata adalah sebuah perusahaan manufaktur di Brazil yang bernilai 170 juta dollar memproduksi berbagai macam kaleng dari besi.
Seperti yang kita ketahui, industri manufaktur kaleng sudah mature dan tidak begitu bertumbuh sehingga kurang memiliki rasa excitement yang mumpuni. Tapi Brasiliata menghilangkan stereotype yang bersifat boring dan manufaktur yang sudah stuck begitu saja. Brasiliata mempunyai reputasi sebagai perusahaan yang inovatif terbaik di Amerika Latin.
Bagaimana cara sebuah perusahaan manufaktur kaleng menjadi sebuah perusahaan inovator?
Para pendiri Brasiliata terinspirasi oleh pilosofi manufaktur otomotive dari Jepang seperti Honda dan Toyota yang mendukung pegawai frontline mereka supaya memiliki ownership dalam pekerjaan mereka.
Sebagai contoh di Toyota, setiap pegawai yang melihat sebuah defect/kerusakan, dia bisa memberhentikan proses assembly line (hal ini sangat tidak mungkin terjadi di Detroit pada masa itu).
Toyota dan Honda juga menumbuhkan sifat inovasi pada seriap karyawannya.
Pada tahun 1987, founders Brasiliata menayangkan program employee-innovation yang bermodelkan pendahulu mereka di Jepang.
Sebuah identitas baru adalah bagian inti dari program tersebut. Karyawan Brasiliata menjadi terkenal sebagai para inventors ketika mereka bergabung dengan perusahaan ini dan mereka diminta untuk menandatangani “innovation contract”. Hal ini bukan hanya merupakan bahasa yang menyenangkan.
Para top manajemen menantang para karyawan untuk mencari potensi inovasi-berupa ide-ide bagaimana cara membuat produk yang lebih baik, memperbaiki proses produksi, dan menurunkan cost produksi.
Procedure yang dikembangkan dalam pabrik membuat gampang bagi para inventors memasukkan ide-ide mereka. Program ini sangat sukses besar.
Pada tahun 2008, para karyawan memasukkan 134,846 ide-ide, rata-rata 145.2 ide per orang penemu/inventor.
Angka ini membuat Brasiliata sejajar dengan perusahaan Jepang yang terkenal yang menjadi sumber inspirasi mereka.
Brasiliata juga memiliki policy untuk tidak mem-PHK karyawan dan juga mendistribusikan 15% dari net profit buat karyawannya.
Tidak menjadi suatu kejutan bila Brasiliata selalu konsisten menjadi “best places to work” di Brazil.
<>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s