The Invisible Hand

Bagaimana cara the invisible hand bekerja? Dengan cara bertindak untuk kepentingan sendiri sehingga dapat menghasilkan benefit kepada society secara keseluruhan.

Banyak orang berpikir bahwa tidak mementingkan diri sendiri adalah prinsip yang mulia. Tetapi sebenarnya, menurut fakta, bertindak untuk kepentingan diri sendiri memberi dampak keuntungan kepada seluruh negara.
Mari kita explore kenapa ini bisa terjadi.
Orang-orang memiliki tendensi yang alami untuk kepentingan diri sendiri. Karena sebenarnya, kepentingan diri sendiri, bukan tindakan yang mementingkan orang lain, yang memotovasi orang untuk berdagang.
Para penjual daging atau penjual roti tidak menjual karena kemurahan hati, tetapi untuk kepentingan diri sendiri; mereka tertarik akan uang yang dibayar untuk barang dagangan nya.
Rasa kepentingan diri sendiri ini jugalah yang mendorong mereka untuk selalu menjual barang dagangan yang lebih baik kualitasnya, karena kalau tidak pembeli akan pindah ke orang lain.
Dengan memikirkan kepentingan diri sendiri mencegah kita meng-abuse pelanggan kita dengan cara menaikkan harga seenaknya, atau menjual barang berkualitas rendah.
Self-regulasi seperti ini adalah suatu keuntungan bagi perdagangan. Hal ini juga berarti bahwa government regulasi hanya akan dibutuhkan jika self-regulasi sudah tidak cukup mampu menahan para pedagang dalam meng-abuse pelanggan.
Juga kepentingan diri sendiri yang individual akan membantu masyarakat secara keseluruhan. Ketika kita punya modal untuk di-invest, maka kita cenderung invest di dalam negeri ketimbang ke luar negeri, karena hal ini lebih secure.
Kedua, karena kita self-serving, maka kita akan selalu invest capital kita untuk kepentingan gain kita sendiri.
Walaupun kedua aksi ini bersifat egois, tetapi sebenarnya keduanya meningkatkan revenue society secara keseluruhan. Lebih banyak capital yang ditaruh di industry di dalam negeri, dan capital diberikan kepada interest yang sukses sehingga menghasilkan revenue yang lebih besar.
Karena peningkatan revenue adalah karena peningkatan produksi, investasi capital kita secara umum men-guide society kita untuk dapat menghasilkan lebih banyak, yang pada akhirnya menghasilkan lebih banyak kemakmuran kepada negara.
Hal ini seolah-olah seperti the invisible hand meminpin kita untuk mempromosikan kepentingan society, walaupun sebenarnya itu bukan didasarkan atas kepentingan diri kita sendiri.

#Diambil dari buku The Wealth of Nation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s