Net Present Value (NPV) Method

Methoda Net Present Value (NPV) adalah merupakan methoda yang lebih kompleks dari methoda Payback, tetapi methoda ini lebih powerful dan biasanya inilah methoda yang pertama dipilih oleh para professional keuangan untuk menganalisa capital expenditure (Capex).
Alasannya?
Pertama, methoda ini memperhatikan time value dari uang, men-discount cash flow yang akan datang untuk mendapatkan nilai sekarang.
Kedua, methoda ini memperhatikan cost of capital dari sebuah bisnis atau hurdle rate yang lain.
Ketiga, methoda ini menyediakan jawaban dalam nilai dollar sekarang sehingga membuat anda dapat membandingkan initial cash outlay dengan return dari present value.
Net Present Value secara simple setara dengan present value dikurang dengan initial cash outlay.
Jika Net Present Value lebih besar dari nol maka nilai ini bisa diterima karena return lebih besar dari hurdle rate perusahaan tersebut.
Salah satu kelemahan dari methoda Net Present Value adalah susah untuk dijelaskan dan dipresentasikan kepada orang lain, management team misalnya, atau bahkan kepada investor dari luar.
Methoda Payback lebih mudah dimengerti, tetapi methoda Net Present Value adalah angka yang berdasarkan discounted of future cash flows.
Kelemahan lain adalah, sebagai seni dari finance, karena perhitungan NPV berdasarkan dari beberapa estimasi dan asumsi. Hanya cash flow projection yang bisa kita estimasi. Sementara initial cost dari sebuah project susah untuk ditetapkan. Dan dengan hurdle rate yang berbeda-beda, bisa memberikan anda hasil NPV yang berbeda pula.
Tetapi, semakin kita mengerti methoda ini semakin mudah kita untuk membuat asumsi yang make sense.
Pengertian kita tentang analisanya akan meningkatkan rasa percaya diri untuk menjelaskan kenapa atau kenapa tidak kita memutuskan sebuah investasi.
Happy investing!
<>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s